Mie Habang (Mie Merah) Khas Banjar

By | December 8, 2018

Ikut partisipasi meramaikan challenge “Pekan_Banjar”. Menurutku ini cukup sulit karena daerah nya luar Jawa, ada bahan-bahan tertentu yang gak bisa dengan mudah didapat, jadi ya harus lebih semangat (putar otak), kalo pas ada bahan dasarnya berarti kebetulan kalo gak ada ya usaha bikin sendiri ( itupun kalo bahanya memang bisa dibuat sendiri), contohnya kemaren bikin Oseng Mandai karena kebetulan ada yang ngasih, kalo sekarang.

Berhubung aku sekarang udah klik sama resep Mie Habang (Khas Banjar), otomatis aku harus bikin sendiri mie merahnya, karena disini susah cari mie merah. Ya diminimalisir lah namanya juga usahasemangat. Resep bikin mie nya ini aku source dari mbk Mita Ayu Lestari, ijin share ya mbk Mita yang aku modif kasih warna pink ( gak ada warna merah). Terus resep masak mie habangnya aku source dari mbk Marleta_Alwi, ijin share ya mbk Marleta yang udah aku modif juga.

Bahan-bahan

untuk 2 porsi

  1. Bahan dasar Mie:
  2. 500 gram tepung terigu
  3. secukupnya air
  4. secukupnya pewarna makanan merah (aku pakai pink)
  5. secukupnya garam
  6. secukupnya minyak goreng
  7. Bahan Tumisan:
  8. 2 ikat sawi hijau, potong-potong
  9. 1 sdm saus tomat
  10. 1 sdm kecap manis
  11. 2 sdm saus teriyaki
  12. secukupnya gula, garam, penyedap rasa
  13. secukupnya air
  14. secukupnya minyak goreng
  15. Bumbu Halus
  16. 1 siung bawang merah
  17. 1 siung bawang putih
  18. secukupnya merica
  19. Bumbu Rajang/Iris
  20. 5 buah cabai rawit
  21. 2 siung bawang merah
  22. 2 siung bawang putih
  23. 1 batang daun brambang
  24. Bahan Pelengkap
  25. 1 butir telur ayam, dadar
  26. secukupnya mentimun
  27. secukupnya tomat
  28. secukupnya bawang/brambang goreng

Langkah

  1. Siapkan bahan untuk membuat mie.  
  2. Siapkan wadah besar, campur jadi satu tepung terigu, air dan pewarna makanan, uleni hingga kalis. Setelah kalis tutup adonan dan diamkan selama 20 menit, agar adonan agak melemas. Setelah adonan melemas bagi menjadi 4 bagian.  
  3. Ambil satu bagian dan bulatkan, setelah itu pipihkan menggunakan rollingpan atau kalau gak ada bisa pakai botol kaca bekas sirup. Sebelumya taburi adonan dan alas dengan tepung terigu agar tidak lengket. Jika sudah pipih gulung adonan dari ujung ke ujung dan bertemu di tengah seperti digambar. Jika sudah iris-iris dengan ketebalan sesusi selera. Lakukan hal yang sama sampai adonan terakhir.  
  4. Buka gulungan mie yang sudah diiris-iris tadi. Siapkan air secukupnya di panci/wajan, tambahkan garam dan minyak sayur/minyak goreng, didihkan. Jika air sudah mendidih masukkan mie dan rebus selama 5 menit sambil diaduk-aduk. Jika sudah matang angkat dan tiriskan dengan air dingin.  
  5. Karena pada waktu merebus air sudah diberi minyak, jadi tidak akan lengket, tapi kalau masih ragu setelah ditiriskan tadi bisa diberi minyak goreng sedikit, lalu aduk sampai merata. Jika sudah sisihkan mie terlebih dahulu.  
  6. Selanjutnya siapkan bahan untuk campuran memasak mie.  
  7. Tumis bumbu halus dengan minyak secukupnya. Tumis sampai harum lalu tambahkan bawang merah, bawang putih dan cabai rawit, tumis hingga layu. Setelah itu tambahkan saus teriyaki, saus tomat, kecap manis, gula, garam, penyedap rasa dan air, aduk hingga merata.  
  8. Masukkan sawi dan aduk rata, kemudian masukkan mie sambil disuwir-suwir ya, aduk lagi hingga bumbu, sawi dan mie tercampur rata, jangan lupa tes rasa. Terakhir tambahkan irisan daun bawang dan aduk lagi, jika sudah matang matikan api angkat dan sajikan.  
  9. Plating mie sesuai selera ya???Mie Habang khas Banjar siap dinikmati cookpad lovers,,,selamat mencoba
Category: Mie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *